Selasa, 21 Februari 2012

Spesifikasi Bangunan dan Material

Tipe rumah yang biasanya tercantum dalam brosur penjualan rumah biasanya kita temukan tertera tulisan sebagai berikut type 21/60,type 36/70,type 45/90 apa maksudnya
. Type 21/60 menunjukkan angka 21 adalah luas bangunan yang berarti 21 m2, dan angka 60 adalah luas kavling/tanah tempat bangunan berdiri/akan didirikan seluas 60 m2 yang berarti sisa tanah yang ada adalah
60 m2-21 m2 = 39 m2
. Type 36/70 ,type 45/90 memiliki arti yang sama

Spesifikasi Bangunan yang biasanya juga tercantum dalam brosur rumah adalah
. Material dinding bangunan yang biasanya tertulis dinding batako atau dinding bata dan harga rumah yang menggunakan dinding bata merah akan lebih mahal dari dinding batako, pertanyaannya kenapa rumah yang dari material dinding bata lebih mahal dari dinding batako ?
.Proses pembuatan batu bata biasanya dikerjakan diselingi dengan waktu jeda penanaman cocok tanam di area persawahan atau di area khusus yang biasanya digunakan sebagai tempat penggalian tanah merah sebagai bahan baku utama batu bata, sehingga tidak disemua tempat bisa dijadikan area pembuatan.

.Proses pembuatan batako biasanya juga dikerjakan di area yang berdekatan dengan area sawah, namun lebih banyak di kerjakan sebagai industri rumah tangga di lingkungan pinggir kota serta material pasir dan semen sebagai bahan baku utamanya mudah di dapat.

.Namun di daerah diluar pulau jawa seperti kalimantan Barat, di area ini tidak bisa ditemukan batu bata merah seperti di pulau Jawa yang ada adalah material batako, kenapa? karena tanah di Kalimantan  Barat ,merupakan lahan/tanah gambut yang tidak bisa dijadikan batu bata merah ditambah tingginya permukaan air tanah di daerah ini yang menyebabkan proses penggalian tanah menjadi hal yang tidak bisa dilakukan, yang ada adalah proses pengurugan yang dilakukan dengan material pasir.Material pasir yang  bisa diperoleh disini menyebabkan material batako yang digunakan untuk pembuatan rumah.

.Kwalitas material batako dan kekuatan material batako tidak sekuat bata merah, karena bahan dasar batako adalah pasir dan sedikit campuran semen, apabila dalam satu bahan batako campurannya tidak terkontrol, maka jumlah pasir yang dominan ini akan membuat bahan nya menjadi lebih rapuh dan mudah hancur.

.Kesamaan dari proses produksi material batako dan batu bata merah adalah keduanya terpengaruh oleh kondisi cuaca,apabila musim hujan tiba,maka biasanya kegiatan produksi nya terganggu atau bisa berhenti sama sekali.


Foto 1 : pasangan dinding batako

Foto 2 : Tampak samping material batako

Foto 3 : Tampak atas batako

Tidak ada komentar:

Posting Komentar